15.12.15

Batik Bakau Narasumber Pelatihan Kader Lingkungan Wilayah Pesisir di Pekalongan

Pekalongan - Batik Bakau. Pada tanggal 4 Desember 2015, Batik Bakau menjadi salah satu Narasumber di Pelatihan Kader Lingkungan Wilayah Pesisir Pekalongan. Kegiatan ini diadakan di salah satu tempat pertemuan di Pekalongan, dengan jumlah peserta 150 orang yang terdiri dari warga pesisir dengan berbagai latar belakang.

Materi yang dibawakan oleh Batik Bakau berupa materi dasar membatik dan pengetahuan mangrove dengan tujuan membekali peserta dengan ilmu mangrove dasar sekaligus memberikan pemahaman mengenai arti pentingnya mangrove untuk keseimbangan alam sekitar dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Tak hanya Batik Bakau saja, dalam kegiatan ini, juga diadakan praktek memasak kue lumpur dan puding oleh Mas Jamang. Ibu Mufidah selaku Narasumber pelatihan menjelaskan mengenai proses pembuatan tepung mangrove yang diolah dari buah-buah mangrove jenis Lindur dan Api-api.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 - 15.00 WIB mendapat sambutan yang positif dari peserta dan ke depan, diharapkan terus dilakukan kegiatan serupa agar warga Pekalongan mendapatkan keterampilan yang cukup untuk meningkatkan taraf kehidupan mereka.

"Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sebagai bentuk dari kepedulian pemerintah akan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir Indonesia. Bersama dengan CV. KeMANGI dan Mas Jamang, kami berkolaborasi untuk membagi ilmu mangrove kami kepada warga pesisir sini," pungkas Cahyadi, owner Batik Bakau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar